Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) Sudah Dirilis

Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan atau Aplikasi PMP akhirnya secara resmi dirilis oleh Kemdikbud. Aplikasi ini merupakan aplikasi pendamping Dapodik, karena memang bekerja berdasarkan database milik Dapodik. Aplikasi PMP dapat dikatakan sebagai pengganti Padamu Negeri yang dahulu kita kenal dengan isian EDS (Evaluasi Diri Sekolah) yang sekarang tidak digunakan lagi. Kehadiran aplikasi PMP ini adalah pengganti Padamu Negeri dan satu-satunya yang resmi dikeluarkan oleh Kemdikbud.

Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP)

Meskipun kehadiran aplikasi PMP ini tidak begitu dinantikan oleh operator sekolah karena akan menambah beban kerja operator, namun pengisian aplikasi penjaminan mutu pendidikan ini sangat penting khususnya bagi PTK yang namanya telah masuk dalam aplikasi Dapodik. Karena bukan tidak mungkin isian PMP ini akan digunakan sebagai persyaratan untuk pencairan aneka tunjangan seperti Sertifikasi dan sebagainya. Jadi mau tidak mau, aplikasi PMP harus diselesaikan secepatnya.

Berikut Surat Edaran Resmi Tentang Pengisian Aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan (PMP)

Surat Edaran Resmi Tentang Pengisian Aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan (PMP)
Perlu Anda ketahui bahwa aplikasi PMP ini menitik beratkan pada peningkatan mutu pendidikan yang ada di sekolah, khususnya dalam hal penilaian kinerja guru (PKG) dan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB). Untuk itu, kepada guru/PTK diharapkan untuk ikut proaktif dalam memberikan jawaban yang sebenar-benarnya tentang kondisi yang terjadi selama proses kegiatan belajar mengajar disekolah.

Link Download dan Cara Install Aplikasi Mutu Pendidikan (PMP)

Sebelum melakukan instalasi aplikasi PMP, pastikan bahwa komputer/laptop yang Anda gunakan sudah terinstall aplikasi Dapodik 2016 terlebih dahulu. Hal ini penting Anda ketahui karena aplikasi PMP menggunakan database milik Dapodik, jadi komputer/laptop yang digunakan harus sudah terinstall dapodik. Untuk lebih jelasnya mengenai proses instalasi aplikasi PMP, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Download Aplikasi Mutu Pendidikan (PMP) dengan ukuran file 50,5 mb melalui link yang berada di bagian Attachment di akhir artikel ini.

2. Jalankan program dengan mengklik kanan pmp 1.2.ex kemudian pilih "Run As Administrator" dan ikuti perintah selanjutnya hingga proses instalasi selesai.

3. Jika proses install berhasil, maka Anda akan melihat tampilan seperti ini, lalu silahkan login dengan akun Dapodik Anda.


Sampai disini, proses install aplikasi PMP sudah selesai kita lakukan. Selanjutnya silahkan Anda pelajari menu-menu yang ada pada aplikasi penjaminan mutu pendidikan ini. Secara tampilan memang sangat mirip dengan aplikasi dapodik, jadi sepertinya tidak akan ada masalah berarti untuk pengisian selanjutnya.

ATTACHMENT

Related Posts:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

1 Response to "Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) Sudah Dirilis"

  1. bisa mohon dikirim File nya di e-mail sekolah pak, susah kami download soalnya. jika berkenan, sdn9toboali@gmail.com :)
    terimakasih

    BalasHapus